Tips Mendukung Tahapan Perkembangan Anak 17 Bulan

Di usia yang ke-17 bulan, balita Anda kini semakin cerdas dan kreatif dalam berpikir. Tidak terkecuali, saat keinginannya ditolak oleh orangtua. Ia akan mencoba bernegosiasi dengan cara tantrum, menangis, berteriak, berguling-guling di lantai, hingga menjadi tontonan yang memalukan.

Hebatnya lagi, tak jarang si kecil justru melakukan hal ini di tempat umum agar ayah dan bunda bisa lebih cepat mengabulkan permintaannya.

Lalu, bagaimana tips mendisiplinkan anak 17 bulan? Intip beberapa strategi yang dapat Anda ikuti berikut:

1. Anak tantrum ingin Melepaskan Kemarahan

Pahami bahwa terkadang anak yang tantrum dengan cara berteriak atau melemparkan barang-barang hanya ingin mengungkapkan kemarahan dan rasa frustasinya karena tidak dituruti keinginannya. Mereka hanya ingin perhatian ayah dan ibu, sehingga pada saat anak tantrum, orangtua diharapkan bisa lebih bersabar dan ekstra konsisten.

2. Menginginkan Perhatian Orangtua

Pada perkembangan anak 17 bulan, mereka memiliki cara unik untuk mendapatkan perhatian orangtua. Termasuk dengan tantrum atau menangis dan rewel. Untuk mengantisipasi masalah ini, tentunya orangtua harus mulai teknik pendisiplinan.

Sesuaikan strategi Anda dengan usia anak. Teknik disiplin pada perkembangan anak 17 bulan adalah berusaha mengalihkan perhatian anak dengan fokus yang lain agar meredakan tantrumnya.

Perkembangan Anak 17 Bulan

Memasuki tahapan perkembangan anak 17 bulan, si kecil kini mengetahui bahwa dirinya adalah anak kecil yang baik. Ketika ia bercermin, ia tersenyum dan ia tahu bahwa dirinya yang ada di cermin. Begitu juga dengan namanya, kini anak sudah bisa menyebutkan namanya jika ditanya.

Tidak mengherankan, kini anak berpikir bahwa seluruh dunia anak hanya berpusat kepadanya sendiri atau egosentris. Tanda-tanda akan hal ini bisa dilihat dari:

  • Anak tidak tahu bahwa tidak semua orang berpikir sama dengannya.
  • Anak tidak mau berbagi mainan, terutama mainan favoritnya.
  • Daripada bermain dengan anak-anak lain, ia akan bermain di sebelah mereka tetapi masih tetap sibuk dengan mainannya sendiri.
  • Anak kadang kasar dengan anak-anak lain. Tetapi, ia belum mengerti bahwa saat ia memukul, ia telah menyakiti orang lain.

Tips Mendukung Perkembangan Anak 17 Bulan

Melihat peran orangtua yang sangat penting dalam mendukung perkembangan anak 17 bulan, berikut adalah tips yang dapat diikuti:

  • Untuk mengantisipasi tantrum balita, orangtua harus bersikap konsisten dan tegas. Katakan padanya “tidak”, dan arahkan baita ke ruangan atau aktivitas lain.
  • Meski sulit, cobalah untuk tidak emosi atau kehilangan kesabaran. Ambil napas dalam-dalam dan tenangkan emosi Anda sebelum mengendalikan tantrum si kecil.
  • Balita senang bila diajak membantu tugas rumah tangga. Berikan dia tugas sederhana, seperti mengaduk adonan kue atau membereskan mainannya.
  • Ajari anak untuk berbagi. Tetapi, biarkan anak memiliki hak untuk menyimpan mainan favoritnya untuk dirinya sendiri.
  • Membacakan buku dongeng untuk anak setiap hari. Ketika membacakan buku, anak juga ikut mempelajari kata dan kalimat baru.
  • Biasakan anak untuk rajin mencuci tangan. Terutama sebelum makan atau setelah bermain di luar rumah.
  • Membawa balita 17 bulan naik pesawat untuk pertama kalinya? Sediakan air minum dalam sippy cup atau cangkir tertutup agar anak bisa menghisap dan mengurangi efek tekanan udara di telinganya.

Itulah beberapa tips mendukung perkembangan anak 17 bulan yang bisa Anda ikuti. Semoga menambah inspirasi Anda dalam membesarkan dan merawat si buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *