Pilihan Makanan Saat Menjalani Diet Gluten Free

Menjalani diet gluten free berarti menyingkirkan makanan-makanan yang mengandung gluten. Biasanya pola makan bebas gluten ini dibutuhkan oleh penderita penyakit celiac. Namun, orang yang sensitif dengan gluten juga perlu menjalani pola makan ini.

gluten free

Bagi Anda yang gluten intolerant, maka Anda tidak boleh mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gluten sama sekali. Jika tidak, Anda akan merasa tidak nyaman, hingga risiko munculnya gangguan medis tertentu.

Sebelum membicarakan tentang pilihan makanan bagi mereka yang menjalani diet gluten free, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang apa itu gluten?

Mengenal gluten

Gluten merupakan bagian dari keluarga protein. Biasanya, protein gluten ditemukan di dalam gandum, barley, atau gandum hitam. Nama gluten sendiri diambil dari bahasa latin, yang berarti lem. Sebab karakter protein ini akan menciptakan cairan lengket ketika bercampur dengan air.

Tidak semua orang dapat mengonsumsi gluten. Sebagian merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi protein ini, sebagian bahkan mengalami gangguan medis yang cukup serius. Salah satu yang cukup parah adalah penyakit celiac.

Meskipun, sebagian besar orang memang dapat megonsumsi gluten tanpa adanya efek yang tidak diinginkan.

Pilihan makanan untuk diet gluten free

Kebanyakan orang memang tidak merasakan masalah apa pun saat mengonsumsi gluten. Tapi, tidak halnya dengan mereka yang menderita penyakit celiac atau sensitif terhadap gluten.

Apalagi bagi penderita penyakit celiac, dampaknya bisa sangat serius. Sebab tubuh pasien dengan penyakit celiac keliru mempersepsikan gluten sebagai ancaman bagi tubuh. Sehingga pertahanan tubuh akan menyerangnya. Sayangnya, ketika sistem imun berusaha menyerang gluten, kerusakan juga dapat terjadi pada area sekitarnya, seperti pada dinding usus.

Mengingat dampaknya yang cukup serius, maka diet gluten free pun perlu diterapkan. Menghindari asupan gluten memang tidak mudah. Mengingat protein ini kerap menjadi komposisi yang umum ditambahkan ke dalam makanan.

– Makanan yang perlu dihindari

Untuk menghindari asupan gluten, Anda perlu ingat sumber-sumber utama protein ini. Gluten terdapat di dalam makanan berbasis gandum, seperti tepung terigu. Selain itu, gluten juga terdapat di dalam jelai atau barley, gandum hitam, ragi, dan malt.

Tentu bukan hanya sumber utama tersebut yang harus Anda hindari. Dalam menjalani diet gluten free, seluruh produk turunan dari sumber protein gluten juga harus Anda hindari.

Artinya, Anda tidak boleh mengonsumsi segala jenis roti yang berbahan dasar gandum, pasta yang berbahan dasar gandum, sereal kecuali dinyatakan gluten free, aneka kue dan snack yang melibatkan tepung gandum dalam komposisinya.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi saus. Beberapa saus mengandung gluten, antara lain kecap, saus teriyaki, serta beberapa salad dressing.

– Makanan yang boleh dikonsumsi

Bila melihat daftar makanan yang harus dihindari, mungkin terasa sulit dan tidak menyenangkan. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab masih banyak pilihan makanan enak dan lezat yang dapat dikonsumsi, meski menjalani diet gluten free.

Anda dapat mengonsumsi aneka daging dan ikan, sayur dan buah, telur, kacang-kacangan, aneka bumbu dan rempah, serta segala jenis minuman, kecuali bir. Anda juga boleh mengonsumsi susu dan berbagai produk turunannya, namun perlu berhati-hati bila ingin mengonsumsi produk susu yang ditambah perisa. Kadang beberapa perisa mengandung gluten. Jadi, Anda perlu membaca label produk secara cermat.

Menjalani diet gluten free bukan berarti membuat Anda tidak bisa makan lezat. Masih banyak sekali pilihan makanan lezat dan sehat yang dapat dikonsumsi, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *