Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memberi Vitamin untuk Anak yang Susah Makan

Orangtua biasanya akan mulai memberikan akan vitamin jika sudah susah makan. Hal ini menurut mereka akan menjadi solusi agar anak tidak kekurangan gizi. Lalu, kapan seharusnya vitamin untuk anak diberikan? Dan kandungan apa saja yang harus ada dalam vitamin penambah nafsu makan untuk anak?

Sebenarnya, ada banyak faktor yang membuat kurangnya nafsu makan anak. Namun, orangtua akan menyediakan vitamin agar anak tidak mudah sakit. Selain itu, memberikan vitamin untuk anak juga menjadi solusi cepat bagi ibu untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi pada anak.

Kandungan Vitamin untuk Anak yang Susah Makan

Ada anak yang suka memilih makanan, ada anak yang lupa waktu untuk makan, atau ada juga karena maslaah kesehatan tertentu yang membuat anak menjadi tidak nafsu makan.

Ada beberapa kandungan atau zat yang mampu menambah nafsu makan anak. Jika Anda mencari vitamin untuk anak untuk menambah selera makan, maka pilihalah yang mengandung zat berikut ini.

  1. Vitamin B

Vitamin B-1 atau tiamin adalah zat yang mengontrol rasa kenyang. Tubuh yang kekurangan Tiamin akan merasa kenyang meskipun asupan yang masuk ke tubuh belum mencukupi. Sehingga rasa kenyang ini akan membuat nafsu makan menjadi hilang.

  • Zinc

Asupan zinc yang kurang di dalam tubuh dapat mempengaruhi nafsu makan. Jadi, tubuh yang kekurangan zinc akan memproduksi banyak zat asam amino. Sebenarnya, asam amino ini berfungsi merangsang nafsu makan. Namun, jika dalam kadar yang berlebih, dapat membuat tubuh kebal pada selera makan dan membuat nafsu makan menurun.

Adapun asupan zin harian bagi anak yang berusia 1-9 tahun adalah sekitar 3-5 miligram. Sedangkan anak berusia 10-15 tahun butuh 8-11 miligram zinc setiap harinya.

  • Vitamin D

Asupan vitamin D dalam tubuh akan berkurang ketika anak memiliki alergi pada makanan tertentu dan membuat mereka susah makan. Semakin rendah asupan vitamin D ini ternyata dapat meningkatkan risiko alergi makanan. Padahal vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperkuat tulang pada anak-anak yang penting dalam proses tumbuh kembangnya. Saat memilih vitamin untuk anak untuk menambah nafsu makan, pilihlah vitamin yang mengandung vitamin D.

  • Minyak Ikan

Minyak ikan memang bermanfaat menjaga kesehatan anak. Selain itu, minyak ikan juga bisa menjadi solusi bagi anak yang tidak berselera makan. Menurut penelitian, rasa kenyang akna berkurang ketika mengkonsumsi minyak ikan. Sehingga vitamin yang mengandung minyak ikan bisa menjadi pilihan untuk menambah selera makan anak.

Kapan Vitamin untuk Anak Susah Makan DIberikan?

Jangan terburu-buru memberikan vitamin untuk anak yang susah makan. Sebab, bila kondisi kesehatan anak baik dan normal, tidak selamanya harus diberikan vitamin ketika nafsu makannya berkurang.

Apalagi jika nutrisi yang diperlukan masih bisa diperoleh dari sumber alami berupa makanan dan minuman bergizi. Sehingga pemberian vitamin untuk anak yang susah makan biasanya diberikan ketika ada rekomendasi dari dokter.

Ada beberapa kondisi khusus yang membuat dokter akan menyarankan vitamin tambahan bagi anak, yaitu:

  • Adanya kelainan genetik yang membuat anak menjadi rentan kekurangan gizi
  • Mengalami gangguan tumbuh kembang
  • Anak mengalami penyakit tertentu seperti infeksi atau kanker
  • Adanya pola makan khusus seperti vegetarian

Perlu diingat bahwa ketika anak susah makan, memberikan vitamin untuk anak dengan dosis yang besar tidak melulu menjadi solusi. Jika pemberian vitamin kurang tepat, justru dapat mengganggu kesehatan anak. Jadi, sebelum memberikan anak vitamin, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *