Pengobatan dan Pencegahan Radang Panggul

Disebabkan karena infeksi yang menjangkit leher rahim atau serviks, uterus atau rahim, tuba falopi atau saluran indung telur dan ovarium atau indung telur, merupakan penyebab munculnya radang panggul. Kondisi ini ditemukan pada perempuan yang dalam rentang usia 15 sampai 24 tahun yang aktif secara seksual.

Kondisi ini dapat menyebabkan infertilitas dan jika tidak segera ditangani maka bisa menjadi kronis dan kehamilan ektopik. Salah satu penyebab munculnya kondisi ini adalah bakteri infeksi menular seksual, seperti bakteri yang menyebabkan infeksi pada leher rahim, bisa itu chlamydia maupun gonore yang bisa menyebar dari vagina hingga ogran reproduksi bagian atas.

Pengobatan Radang Panggul

Untuk mengobati kondisi yang memiliki nama lain pelvic inflammatory pada orang yang masih pada tahapan awal bisa dengan beberapa cara seperti pemberian antibiotik kepada penderita. Antibiotik seperti metronidazole, ofloxacin, doxycycline bisa diberikan sebagai pengobatan awal dalam mengobati infeksi bakteri tersebut, digunakan setidaknya selama 14 hari.

Ibuprofen dan paracetamol bisa disertakan karena berfungsi sebagai obat pereda sakit, ini tentunya jika para penderita merasakan sakit di area perut dan panggul. Perlu diketahui, bagi para ibu hamil yang menderita penyakit ini perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada para dokter. Konsultasi ini perlu dilakukan sebelum para ibu hamil mengonsumsi antibiotik.

Pada umumnya para penderita yang mengalami kondisi ini akan diberikan antibiotik melalui infus di rumah sakit. Kemudian, penggunaan antibiotik ini harus sampai tuntas diselesaikan sesuai dengan periode konsumsi anjuran dari dokter, bukan tanpa alasan hal ini dilakukan agar infeksi yang disebabkan bakteri benar-benar hilang.

Bagi penderita yang memakai alat kontrasepsi IUD, pada umumnya akan menyarankan untuk mencabut alat kontrasepsi tersebut. Namun, hal ini dilakukan apabila gejala yang dirasakan tak kunjung membaik setelah beberapa hari mengonsumsi antibiotik yang telah disebutkan sebelumnya sesuai anjuran dokter.

Pemeriksaan dan pengobatan akan dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran infeksi selama periode pengobatan kondisi ini. Pasangan seksual penderita juga akan diminta untuk melakukan pemeriksaan tersebut untuk tujuan yang sama, dokter juga akan menganjurkan bagi pasangan tersebut untuk tidak melakukan hubungan selama pengobatan berlangsung.

Pencegahan

Infeksi menular seksual merupakan penyebab utama munculnya kondisi radang pada panggul, infeksi ini bisa dihindari beberapa cara. Salah satunya dengan menerapkan kebiasaan aman saat berhubungan seksual, misalnya untuk melakukan hubungan seksual yang aman tidak bergonta-ganti pasangan, kondisi ini membuat organ reproduksi rentan terhadap bakteri.

Selain itu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa digunakan untuk mencegah seseorang tertular infeksi menular. Lakukan konsultasi dengan dokter mengenai jenis kontrasepsi yang tepat digunakan, kemudian bagi para perempuan agar menghindari mencuci vagina bagian dalam dengan menggunakan teknik vaginal douching.

Teknik tersebut bisa menyebabkan gangguan keseimbangan bakteri baik atau flora normal yang terdapat di bagian dalam vagina. Proses pencegahan radang panggul bisa dilakukan bersama dengan pasangan, karena pasangan bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan bila diperlukan. Hal ini bisa mencegah infeksi menular seksual yang kemungkinan menjadi radang pada panggul.

Perlu diperhatikan, radang pada panggul bisa menyebabkan komplikasi jika tidak segera ditangani atau bahkan jika penderita tidak menyelesaikan periode pengobatan yang diwajibkan. Jenis komplikasi yang muncul terdiri dari beberapa macam, seperti misalnya nyeri panggul yang berkepanjangan, kemudian munculnya abses, hingga radang yang berulang pada penderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *