Nyenyak Sepanjang Malam, Ini Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Nyaman

Tidur malam yang pulas dan nyenyak dapat dimulai dari pengaturan tubuh dan pikiran yang rileks. Di samping itu, suasana kamar yang nyaman dan tenang turut mendukung tidur yang berkualitas.

Lalu, bagaimana cara membuat kamar tidur lebih nyaman? Simak tips berikut:

1. Hindari Berebut Selimut

Berebut selimut saat tidur malam, bisa mengganggu tidur berkualitas yang berharga. Lebih baik, gunakan selimut untuk masing-masing, baik Anda atau pasangan. Sehingga, Anda berdua bisa bebas bergerak sesuka hati dan membuat kamar tidur lebih nyaman.

2. Hindari Tidur dengan Hewan Peliharaan

Meski hewan peliharaan sudah seperti keluarga dan sahabat, tetapi hindari tidur bersama hewan peliharaan.

Hewan anjing atau kucing sering terjaga di malam hari dan bagi sejumlah orang, bulu binatang dapat memicu alergi. Tempatkan hewan peliharaan Anda di kandang atau tempat tidur sendiri agar mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

3. Matikan atau Redupkan Lampu Kamar

Ponsel, TV, komputer, dan gawai lainnya dapat memancarkan cahaya yang membuat otak Anda terjaga dan sulit tidur.

Sebelum tidur, taruh tablet atau ponsel Anda di laci. Selain itu, Anda bisa mematikan atau meredupkan lampu kamar agar tubuh menghasilkan hormon melatonin yang memicu rasa kantuk.

4. Menjaga Suhu Kamar Nyaman

Secara alami, suhu tubuh akan menurun saat tidur. Untuk itu, pastikan membuat kamar tidur lebih nyaman dengan menjaga suhu kamar tidur di kisaran 18 derajat celcius. Setiap orang tentunya memiliki suhu tubuh yang ideal masing-masing, tetapi hindari suhu yang terlalu ekstrim agar tidak mengganggu istirahat Anda.

5. Memilih Perlengkapan Tidur yang Baik

Tak bisa dipungkiri, jenis bahan kain seprai, selimut, sarung bantal, dan bedcover juga mempengaruhi kenyamanan saat tidur. Lebih selektif saat berbelanja perlengkapan tidur dan ganti secara berkala untuk membuat kamar tidur lebih nyaman.

Kain seprai atau sarung bantal yang terbuat dari katun akan membantu kulit tetap sejuk sepanjang malam. Selain itu, jenis kain ini juga dapat menyerap keringat saat cuaca panas.

6. Menata Tempat Tidur

Jangan biarkan kamar tidur Anda berantakan. Survey yang dilakukan National Sleep Foundation menemukan bahwa orang yang menata tempat tidur mereka di pagi hari, 19% lebih mungkin tidur nyenyak setiap malam.

Setelah melalui hari panjang dan melelahkan, tentunya Anda ingin beristirahat dengan tenang di kamar tidur yang nyaman.

Bayangkan, bila ternyata kamar tidur Anda berantakan, Anda tentu akan semakin stres dan letih. Jadi, usahakan setiap pagi untuk merapikan dan menata tempat tidur agar bisa lebih rileks di malam hari.

Patut diingat, bahwa kamar tidur Anda juga bukan tempat untuk bekerja atau melakukan tugas. Seharusnya, kamar tidur memiliki suasana yang tenang dan menyenangkan. Anda bisa membuat kamar tidur lebih nyaman dengan tidak menaruh TV atau membaca buku di tempat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *