Mengenal Terapi EFT

Emotional Freedom Technique atau EFT adalah terapi alternatif untuk rasa sakit fisik dan tekanan emosional seseorang. Terapi ini juga disebut sebagai penyadapan atau akupresur psikologis.

Orang yang menggunakan terapi ini percaya mengetuk tubuh dapat menciptakan keseimbangan dalam sistem energi Anda dan mengobati rasa sakit. Menurut pengembangnya, Gary Craig, gangguan energi adalah penyebab dari semua emosi dan rasa sakit yang negatif.

Meski masih diteliti, terapi EFT telah digunakan untuk mengobati penderita kecemasan dan penderita gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Mirip dengan akupunktur, terapi EFT berfokus pada titik meridian atau titik panas energi untuk memulihkan keseimbangan energi tubuh Anda. Memulihkan keseimbangan energi tersebut dipercaya dapat meredakan gejala yang mungkin disebabkan oleh pengalaman atau emosi negatif.

Berdasarkan pengobatan Tiongkok, titik meridian dianggap sebagai area aliran energi tubuh. Jalur ini membantu menyeimbangkan aliran energi untuk menjaga kesehatan Anda, karena ketidakseimbangan apapun dapat mempengaruhi kesehatan atau penyakit.

Akupunktur menggunakan jarum untuk menekan titik-titik energi ini, sedangkan terapi EFT menggunakan ketukan ujung jari untuk memberikan tekanan. 

Ketukan pada terapi EFT dipercaya dapat membantu Anda mengakses energi tubuh Anda dan mengirim sinyal ke bagian otak yang mengontrol stres. Dengan menstimulasi titik meridian melalui terapi EFT,  dapat mengurangi stres atau emosi negatif yang Anda rasakan dari masalah Anda, yang pada akhirnya memulihkan keseimbangan energi Anda yang terganggu.

Terapi EFT adalah pengobatan terapi akupresur alternatif yang digunakan untuk mengembalikan keseimbangan energi Anda yang terganggu. Hal ini adalah pengobatan resmi untuk veteran perang dengan PTSD, dan menunjukkan beberapa manfaat sebagai pengobatan untuk kecemasan, depresi, nyeri fisik, dan insomnia.

Meskipun terdapat beberapa kisah sukses, para peneliti masih menyelidiki keefektifan terapi EFT pada gangguan dan penyakit lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *