Melatih Kecerdasan Spiritual Agar Hidup Lebih Bermakna

Membangun kecerdasan spiritual bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk meditasi.

Dunia yang serba cepat memiliki kecenderungan membuat orang menjadi tidak tenang. Dengan spiritualisme, Anda akan diajak kembali pada keheningan di tengah riuhnya dunia hari ini. Karena itulah, ada banyak orang yang merasa spiritualitas merupakan solusi, membuat hidup lebih damai serta lebih bermakna. Banyak psikolog yang meyakini bahwa kecerdasan spiritual memengaruhi kesehatan mental seseorang. Mengacu pada definisi manusia menurut World Health Organization (WHO), manusia memang makhluk psikologis, sosial, dan spiritual.

Mengenal kecerdasan spiritual

Kata cerdas sering kali hanya dikaitkan dengan kecerdasan intelektual. Padahal masih ada kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, di luar kecerdasan spiritual yang selalu dielu-elukan orang. Setiap tipe intelegensi tersebut, mempunyai peran yang sama penting dalam kehidupan seseorang. 

Kecerdasan spiritual sendiri mengarah pada kemampuan spiritual seseorang yang membantu dirinya untuk hidup lebih baik. Orang dengan kecerdasan spiritual cenderung mampu menyatukan spiritualitas, kehidupan batin (inner life), serta kehidupan di luar dirinya (outer life). 

Konsep tentang kecerdasan spiritual memang terhitung baru, dibanding kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, penelitian terkait hal ini pun masih terbatas. Namun, Journal of Fundamentals of Mental Health merilis sebuah laporan penelitian yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat sekali antara kecerdasan spiritual dengan kehidupan sosial yang baik. 

Terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan rasa empati dan kepuasan di dalam hidup. Dengan kecerdasan spiritual, orang menjadi lebih mampu menghadapi hal-hal sulit di dalam hidup, seperti rasa duka dan kehilangan.

Melatih kecerdasan spiritual

Kecerdasan spiritual dapat dilatih. Tapi, karena spiritualitas merupakan pengalaman personal bagi masing-masing individu, maka cara melatihnya pun akan berbeda bagi setiap orang.

Anda dapat mencoba melakukan hal-hal di bawah ini untuk melatih kecerdasan spiritual. Tidak semua cara akan cocok dan tidak semua cara harus Anda lakukan. Pilihlah cara yang dianggap paling berdampak bagi diri Anda.

  • Melatih kesadaran

Ego dan kekurang merupakan bagian dari diri setiap orang. Kondisi menjadi sulit, bila ego dan kekurangan dibiarkan menguasai diri. Atau bila Anda tidak mau berdamai dengan ego dan kekurangan tersebut. 

Maka, melatih kesadaran merupakan langkah awal yang cukup baik. Berusaha menyadari bahwa Anda manusia biasa, memiliki ego serta berbagai kekurangan. Kemudian, Anda boleh mempertanyakan dan membuat keputusan untuk mengubah hal-hal buruk yang dianggap membuat diri Anda tidak tenang. Lebih ‘sadar’ terbukti membantu banyak orang dapat lebih menghargai dan menikmati hidup.

  • Meditasi

Bila dilihat secara harfiah, meditasi berarti memikirkan atau merenungkan. Beberapa mengatakan meditasi berarti mengunyah atau membolak-balik pikiran. Maksudnya di sini sebuah proses mencerna pikiran. Seperti juga proses mencerna makanan, akhir dari proses tersebut adalah pengeluaran residu atau sisa metabolisme. 

Jadi, dalam meditasi Anda berkesempatan merenungkan atau mengamati ragam pikiran yang muncul, kemudian melepaskan atau mengeluarkannya. Bagian yang dilepaskan adalah pikiran yang mungkin selama ini membebani atau membuat Anda cemas. Itu sebabnya setelah meditasi Anda dapat merasa lebih tenang.

  • Melakukan visualisasi

Sedikit berbeda dengan dua cara sebelumnya, visualisasi tidak membayangkan tentang hal yang membebani. Anda justru membayangkan harapan-harapan Anda, seperti tenang dan bahagia.  Buatlah visualisasi di kepala tentang diri Anda yang bahagia dan tenang. 

Otak tidak dapat membedakan visualisasi dan kenyataan. Jadi, saat Anda membuat visualisasi bahagia, otak juga akan merasa bahagia. Maka, lakukanlah hal ini setiap hari.

  • Berkumpul dengan komunitas

Bertemu dan berkumpul dengan orang yang membuat Anda merasa terhubung akan melatih kecerdasan spiritual Anda. Dampak yang paling umum, Anda akan lebih terbuka, menghargai keberagaman, lebih menerima diri sendiri, juga memiliki empati yang lebih tinggi.

  • Dekat dengan alam

Berkegiatan di alam terbuka membuat Anda lebih mudah terhubung secara spiritual. Tak hanya baik bagi kecerdasan spiritual, aktivitas di alam terbuka juga secara khusus memiliki dampak bagi kesehatan fisik dan mental. 

Melatih kecerdasan spiritual akan membuat diri Anda bertumbuh. Anda akan merasa lebih damai, lebih puas dengan hidup yang Anda jalani, serta lebih mampu menghadapi berbagai kesulitan. Dengan demikian, ketenangan batin pun menjadi milik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *