Manfaat dan Risiko Charcoal Powder Bagi Tubuh

Charcoal merupakan arang yang terdiri dari kayu, batu bara, dan zat lainnya. Pencampuran dari bahan-bahan tersebut akan menghasilkan arang aktif atau activated charcoal dalam bentuk charcoal powder ketika gas atau zat pengaktif melebur dalam suhu yang tinggi.

Ketika dikonsumsi, arang yang telah menjadi charcoal powder tidak akan diserap oleh tubuh sehingga arang tersebut akan membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh manusia dalam bentuk tinja.

Manfaat Charcoal Powder

Ada berbagai produk yang menggunakan charcoal powder. Salah satu produk yang menggunakan bahan tersebut adalah pasta gigi. Sebagian orang berpikir bahwa charcoal dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh mereka. Berikut adalah manfaat yang diperoleh pada tubuh Anda jika Anda menggunakan bahan charcoal powder:

  • Menjaga kesehatan gigi

Banyak pasta gigi yang dijual dengan bahan charcoal powder. Jika Anda menggunakan bahan seperti ini ketika menggosok gigi, bahan tersebut mampu menjaga kesehatan gigi Anda. Charcoal powder mampu melindungi gigi Anda dari virus dan bakteri.

Meskipun diklaim mampu menjaga kesehatan gigi, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 tidak menemukan bukti yang kuat bahwa charcoal powder mampu melindungi gigi dari ancaman seperti virus dan bakteri, atau membuat gigi seseorang cemerlang.

  • Menjaga kondisi kulit

Manfaat lain yang diperoleh, jika Anda menggunakan charcoal powder, adalah mampu menjaga kondisi kulit. Sebuah penelitian menyatakan bahwa charcoal powder mampu mengangkat mikropartikel seperti debu atau bakteri dari kulit manusia.

  • Mengatasi keracunan

Sebagian orang menggunakan charcoal powder untuk mengatasi keracunan yang ada pada tubuh. Hal tersebut telah diterapkan dari awal tahun 1800an. Charcoal powder juga dapat digunakan jika pasien mengalami masalah overdosis obat. Contoh obat yang menggunakan bahan charcoal powder adalah aspirin.

  • Mengurangi gas di dalam usus

Manfaat lain dari charcoal powder adalah mampu mengurangi gas di dalam usus. Anda perlu mengkonsumsi bahan tersebut 30 menit sebelum atau sesudah makan untuk mengatasi gangguan seperti ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, yang melibatkan beberapa orang yang mengkonsumsi charcoal powder antara 400 hingga 700 mg, hasilnya menunjukkan bahwa mereka mampu meredakan gangguan di bagian usus akibat gas.

  • Menjaga kondisi ginjal

Manfaat lain dari charcoal powder adalah mampu menjaga kondisi ginjal pengguna. Bahan tersebut efektif dalam menghilangkan racun yang ada pada ginjal. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa tikus yang mengalami gagal ginjal kronis yang diberikan charcoal powder sebanyak 20 persen, sembuh dari gangguan yang dialami dan mampu meningkatkan fungsi ginjal.

  • Meredakan gejala sindrom bau ikan

Manfaat lain dari charcoal powder adalah mampu meredakan gejala yang dialami pengguna akibat sindrom bau ikan atau fish odor syndrome. Sebuah studi menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi charcoal powder sebanyak 1,5 gram selama 10 hari akan mengurangi konsentrasi TMA dalam urine sehingga bau mulut menjadi berkurang.

Risiko Charcoal Powder Pada Tubuh

Walaupun charcoal powder memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia, Anda juga perlu pahami bahwa charcoal powder dapat menghambat sebagian proses pengobatan. Oleh karena itu, Anda perlu hindari penggunaan charcoal powder secara bersamaan dengan obat untuk konstipasi. Hal tersebut dapat membuat tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan elektrolit.

Kesimpulan

Charcoal powder merupakan bahan yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda juga sebaiknya jangan menggunakan bahan tersebut dengan obat secara bersamaan untuk konstipasi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa tanyakan persoalan ini dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *