Makanan yang Boleh Dikonsumsi Saat Hamil 12 Minggu

Sejak awal masa kehamilan, calon Ibu pasti sudah mempersiapkan diri menyambut si kelahiran si kecil. Trimester pertama kehamilan dilaporkan sebagai masa-masa paling rentan bagi perkembangan bayi.

hamil 12 minggu

Pemilihan makanan bernutrisi dan menjalani pola hidup sehat sangatlah penting dilakukan. Kedua hal itu berperan dalam kesehatan dan perkembangan janin. Sayangnya, ada banyak mitos yang beredar mengenai apa yang harus dikonsumsi pada usia hamil 12 minggu. 

Nutrisi yang harus dipenuhi oleh Ibu hamil

Di trimester pertama, janin mulai terbentuk sehingga memerlukan nutrisi dan gizi seimbang. Hal itu adalah kunci pertama agar bayi dapat tumbuh berkembang hingga pada saatnya lahir. Berikut ini nutrisi yang harus dipenuhi selama hamil 12 minggu:

  1. Vitamin B6

Pada awal kehamilan, morning sickness mudah menyerang Ibu hamil. Biasanya ini berlangsung pada minggu kesembilan dan berakhir pada usia kehamilan yang kedua belas. 

Vitamin B6 membantu mengurangi gejala morning sickness seperti mual dan muntah. Daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, buah jeruk, dan buah alpukat adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin B6.

  1. Folat

Folat atau asam folat berperan dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Asam folat disebut sebagai nutrisi penyelamat bayi. Saking bermanfaatnya, Ibu disarankan mengonsumsi folat bahkan sebelum ada tanda-tanda kehamilan.

Folat dan asam folat tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, lebih disarankan mendapatkan nutrisi ini melalui sumber hayati. Beberapa makanan yang kaya akan folat yaitu sayuran hijau, buah jeruk, kacang polong, dan buah alpukat.

  1. Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat yang sama seperti folat. Omega-3 berkaitan dengan kemampuan kognitif bayi serta penglihatan yang jernih. Bahkan, mengonsumsi omega-3 dapat menurunkan risiko depresi setelah kehamilan pada Ibu hamil.

Anda bisa mendapat omega-3 melalui konsumsi ikan salmon, sarden, mackerel, kacang kenari, dan biji chia. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan sebagai tambahan asupan omega-3.

  1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Khusus untuk ibu hamil, disarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti bij-bijian, kacang-kacangan, kentang, dan ubi jalar.

Ibu hamil juga bisa mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti buah dan sayur, karena juga mengandung serat yang baik. Hindarilah karbohidrat dari makanan olahan karena hanya berisi kalori yang dapat memengaruhi janin.

  1. Serat

Serat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, mengontrol gula darah, serta meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini sangat membantu ketika Ibu hamil mengalami masalah pencernaan, termasuk sembelit.

Sumber serat yang baik yaitu kacang polong, ubi, sayuran hijau, buah beri, gandum utuh, dan buah alpukat.

  1. Kalsium

Kalsium berkaitan dengan pembentukan tulang yang kuat. Susu dan produk susu adalah sumber kalsium terbaik. Namun, jika Anda alergi terhadap susu Anda bisa mengonsumsi kangkung, kacang polong, selada air, dan sarden.  

  1. Protein

Protein merupakan zat penyusun DNA, jaringan tubuh, otot, serta berperan dalam produksi enzim. Kacang-kacangan, lentil, daging tanpa lemak, dan kacang kedelai adalah beberapa contoh sumber protein terbaik.

  1. Vitamin D

Selain perkembangan tulang dan gigi, vitamin D juga berperan dalam kekebalan tubuh yang kuat. Pada bayi, vitamin D juga membantu proses pembelahan sel. 

Anda bisa mendapat vitamin D secara alami melalui berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu, mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon dan tuna, kuning telur, serta susu juga dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin D Anda.

  1. Zinc (Seng)

Zinc atau seng adalah salah satu mineral yang penting bagi pembentukan sistem kekebalan tubuh serta sel saraf yang sehat. Beberapa contoh makanan yang kaya akan zinc (seng) yaitu bayam, jamur, daging ayam atau domba, serta kacang-kacangan.

  1. Zat besi

Zat besi penting untuk mendukung persediaan darah Anda selama kehamilan. Ibu hamil yang sering merasa pusing mungkin disebabkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh.

Sulit mendapatkan zat besi dari makanan. Maka dari itu Anda bisa mengonsumsi suplemen zat besi. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, Anda bisa menyertainya dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C.

Ibu hamil perlu berhati-hati dalam memilih makanan mereka. Usia hamil 12 minggu merupakan masa peralihan dari trimester pertama menuju trimester kedua. 

Selalu konsultasikan dengan dokter atas apa yang Anda konsumsi, terutama ketika merencanakan mengonsumsi suplemen. Mintalah rekomendasi suplemen terbaik untuk memastikan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *