Latihan Angkat Beban Teratur Tak Hanya Kuatkan Tubuh

Ada banyak miskonsepsi ketika kita membicarakan latihan angkat beban. Orang-orang biasanya hanya akan menganggap latihan jenis ini untuk mereka yang ingin membentuk otot dan para binaragawan. Namun, latihan angkat beban lebih dari sekedar pembentukan otot saja. Latihan jenis ini juga dapat membentuk kekuatan, stamina fisik, dan meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas. Artikel ini akan membahas hal apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan angkat beban secara teratur.

Meningkatkan kekuatan dan rasa percaya diri

Salah satu manfaat latihan angkat beban adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, latihan angkat beban juga dapat mengurangi tingkat kecemasan seseorang, depresi, dan meningkatkan kebahagiaan.

Angkat beban juga dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot tanpa perlu menambahkan atau membentuk masa dan ukuran otot secara signifikan (terutama pada wanita). Dengan otot yang kuat, aktivitas sehari-hari akan menjadi lebih mudah. Penampilan Anda juga akan semakin baik dan terlihat lebih kuat.

Mengikis lemak dan turunkan berat badan

Semua orang tahu bahwa olahraga yang teratur dapat membantu membakar kalori. Begitu halnya dengan latihan angkat beban. Melakukan latihan ini dengan teratur dapat membakar kalori dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan jogging ataupun berjalan kaki. Karena latihan angkat beban juga membentuk otot, masa otot akan bertambah disaat bersamaan kalori ikut terbakar. Apabila diimbangi dengan diet yang ketat, latihan angkat beban juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang menderita obesitas.

Membangun otak dan melawan penuaan

Tidak hanya otot saja yang ikut terbentuk saat Anda berlatih angkat beban. Latihan jneis ini meningkatkan produksi hormon seperti hormon IGF-1 yang membantu menstimulasi hubungan-hubungan di otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, kaki dan tubuh yang kuat dihubungkan dengan pikiran yang lebih kuat. Dalam kalimat yang lebih sederhana, latihan angkat beban dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam belajar dan berpikir meskipun Anda bertambah tua.

Sementara itu, bagi orang tua yang tidak aktif atau jarang melakukan olahraga akan kehilangan 3 hingga 8 persen masa otot per 10 tahun. Selain hilangnya masa otot, otot yang lemah juga dihubungkan dengan meningkatnya risiko kematian pada pria. Latihan angkat beban dapat membantu melawan hilangnya masa otot tersebut. Pada wanita, latihan angkat beban dapat membantu menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

Mencegah cidera

Tidak hanya menguatkan otot dan pikiran, latihan angkat beban juga dapat meningkatkan tulang dan jaringan penghubung. Stabilitas dan kekuatan yang semakin meningkat tersebut akan membantu Anda terhindar dari cidera dan menjaga agar tubuh tetap kuat. Selain itu, latihan angkat beban juga dapat membantu mengurangi gejala yang disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan seperti sakit punggung, arthritis, rasa sakit kronis, dan fibromyalga.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari latihan angkat beban adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Astrid Swan, seorang trainer dari Barry’s Bootcamp, menyatakan bahwa hal ini terjadi akibat lihatan angkat beban mampu memompa darah ke seluruh tubuh, mengatasi stres, dan memicu otak untuk memproduksi endorphin. Biasanya, tubuh akan mudah sakit saat Anda sedang stres. Akan tetapi, latihan dan olahraga dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah. Latihan angkat beban ternyata tidak hanya dapat membentuk otot saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *