Ketahui Penyakit Ambeien dan Perawatan Operasi Ambeien

Ambeien, atau juga dikenal dengan istilah hemoroid, adalah pembengkakan pembuluh darah yang terletak di daerah sekitar dubur. Sekitar 50% orang dewasa akan mengalami gejala ambeien ketika mereka menginjak usia 50 tahun. Hemoroid dapat berjenis internal ataupun external. Hemoroid internal terjadi di dalam dubur, sementara eksternal berada di luar dubur (dengan hemoroid eksternal merupakan yang paling sering dijumpai). Ambeien dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal parah sehingga membuat seseorang kesulitan untuk duduk. Untungnya, ambeien dapat diobat, mulai dari perawatan rumahan seperti penggunaan obat OTC hingga operasi ambeien. Artikel ini akan membahas hal-hal seputar ambeien yang perlu Anda ketahui.

Gejala dan penyebab ambeien

Beberapa gejala yang ditunjukkan apabila Anda menderita penyakit ambeien di antaranya adalah rasa gatal pada dubur, iritasi dan rasa sakit pada daerah dubur, adanya benjolan yang gatal atau sakit di dekat dubur, kebocoran tinja, buang air besar yang sakit, dan darah setelah Anda buang air besar. Meskipun ambeien merupakan sebuah kondisi yang menyakitkan, kondisi ini tidak berbahaya atau mengancam nyawa dan biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa adanya perawatan khusus ataupun operasi ambeien. Apabila Anda sering terkena ambeien, ada potensi Anda akan menunjukkan gejala-gejala anemia seperti badan lemah dan kulit pucat akibat hilangnya darah. Namun, kondisi ini sangat jarang terjadi.

Para ahli belum tahu pasti apa penyebab utama penyakit ambeien. Namun, beberapa faktor yang mungkin memegang peran kunci dalam kondisi ini adalah mengejan saat buang air besar, komplikasi akibat konstipasi yang kronis, duduk dalam waktu yang lama (terutama di toilet), dan riwayat kesehatan keluarga penderita ambeien. Ambeien dapat diturunkan secara genetik dari orang tua ke anak. Sehingga, apabila orang tua Anda memiliki ambeien, ada kemungkinan besar Anda juga akan menderita kondisi ini. Sering mengangkat benda-benda berat, memiliki obesitas, dan memiliki ketegangan tubuh secara terus menerus dapat meningkatkan risiko ambeien. Ada kemungkinan lebih besar untuk menderita ambeien apabila Anda sedang hamil. Saat uterus membesar, uterus akan menekan pembuluh di usus dan menyebabkannya menonjol. Selain itu, berdiri terlalu sering tanpa duduk dalam waktu yang lama, diare, dan sering melakukan hubungan seksual dengan cara anal dapat meningkatkan risiko untuk menderita ambeien.

Perawatan ambeien

Pemeriksaan visual pada daerah dubur biasanya sudah cukup bagi dokter untuk menentukan diagnosa penyakit ambeien. Untuk mengonfirmasi diagnosa penyakit, dokter akan melakukan pemeriksaan lain, seperti pemeriksaan dubur digital dan sigmoidoscopy, guna melihat apakah ada ketidaknormalan lain pada dubur. Perawatan untuk ambeien beragam, mulai dari pererawatan rumahan hingga operasi ambeien.

  • Meredakan sakit. Guna meminimalisir rasa sakit, berendam pada air hangat selama 10 menit setiap harinya. Apabila rasa sakit terlalu parah, minum obat OTC dan gunakan minyak atau krim untuk mengatasi rasa gatal dan panas.
  • Suplemen serat. Apabila Anda susah buang air besar, gunakan suplemen serat OTC untuk membantu melunakkan tinja.
  • Prosedur medis. Beberapa prosedur medis untuk ambeien di antaranya adalah operasi ambeien, ligasi pita karet, dan sclerotherapy.

Dengan perawatan yang baik, baik perawatan rumahan atau operasi ambeien, Anda akan melihat kondisi ambeien menjadi membaik setelah beberapa hari. Pastikan untuk rutin berolahraga, hindari duduk dalam waktu yang lama, dan makan makanan yang mengandung serat dapat mengurangi gejala ambeien serta mencegah kondisi ini datang lagi di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *