Hindari Perbuatan Ini di Ruang Tunggu Rumah Sakit

Ruang tunggu di dalam sebuah rumah sakit bukanlah hal sepele. Di ruang tunggu rumah sakit, para pengunjung menghabiskan waktu menunggu makin baiknya kondisi saudara ataupun kerabat yang tengah dirawat. Bahkan tidak jarang, ada pasien duduk manis di ruang tunggu rumah sakit guna menanti memperoleh pelayananan kesehatan yang dibutuhkannya.

Porsi penting dari ruang tunggu rumah sakit ini membuat Anda tidak bisa seenaknya melakukan berbagai hal di ruangan tersebut. Ada aturan yang mesti dipatuhi agar kondisi ruang tunggu di tempat perawatan medis tersebut tetap nyaman dan aman bagi Anda maupun pengunjung lainnnya.

Kira-kira apa saja sebenarnya aturan dari ruang tunggu rumah sakit? Berikut ini adalah beberapa perbuatan yang baiknya Anda hindari jika sedang berada di ruangan tersebut. Jangan lakukan perbuatan-perbuatan ini karena bisa sangat mengganggu kekondusifan ruang tunggu di rumah sakit.

  1. Jangan Berbicara Terlalu Keras

Ingatlah bahwa yang berada di ruang tunggu rumah sakit bukan hanya Anda. Ada banyak orang lain yang sama seperti Anda, sedang menunggu keluarga atau kerabatnya yang dirawat di rumah sakit. Mungkin juga, ada pasien lain yang sedang menanti mendapatkan pelayanan kesehatan di ruang tunggu.

Karena itu, janganlah berbicara terlalu keras. Suara yang terlalu keras dan terus berlanjut nyatanya bisa mengganggu ketenangan orang lain. Aturlah volume suara Anda seminim mungkin guna tidak mengganggu pengunjung lain yang ada di sekitar Anda.

  • Senyapkan Dering Ponsel

Ponsel sudah seperti menjadi barang bawaan wajib bagi tiap orang. Tidak hanya untuk mengirim atau menerima pesan melainkan juga berbagai hal bisa Anda lakukan lewat ponsel di genggaman tangan. Akan tetapi, hati-hati sebab pemakaian ponsel Anda juga bisa mengganggu ketenangan orang lain jika volume dering terus dinyalakan, sementara Anda terus mendapatkan pesan atau telepon.

Jika sedang berada di ruang tunggu rumah sakit, lebih baik Anda mematikan dering ponsel untuk sementara waktu. Dering yang terus berulang bisa sangat mengganggu pengunjung lain. Toh walaupun tanpa dering, Anda bisa tetap memantau ada tidaknya pesan ataupun telepon yang masuk ke ponsel Anda.

  • Gunakan Masker

Penggunaan masker di masa pandemi memang sangat penting, apalagi ketika Anda berada di ruang tunggu rumah sakit. Penggunaan masker oleh tiap pengunjungbisa meminimalkan penyebaran virus ataupun bakteri yang bertebaran di ruang tunggu yang umumnya bersifat tertutup.

Bahkan pada masa-masa nonpandemi, Anda dianjurkan menggunakan masker di ruang tunggu rumah sakit. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sedang menderita flu maupun batuk. Dengan memakai masker, artinya Anda sedang melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

  • Pertimbangkan Makan

Beberapa aturan di ruang tunggu rumah sakit yang satu mungkin berbeda dengan ruang tunggu yang lain. Salah satu perbedaan yang umum terjadi dalam aturan ruang tunggu rumah sakit biasanya terkait soal boleh tidaknya makan di lokasi tersebut.

Namun ada baiknya, Anda memilih tidak makan di ruang tunggu. Ini guna tetap menjaga kebersihan di ruangan tersebut. Ditambah lagi, pertimbangkan tidak makan di ruang tunggu karena Anda mesti diingat, penyebaran virus dan bakteri bisa jadi sangat tinggi di sana. Memilih makan di kantin atau rumah makan yang ada di rumah sakit menjadi pilihan yang jauh lebih tepat daripada Anda mengotori ruang tunggu dengan kegiatan makan Anda.

***

Ingatlah bahwa senyaman-nyamannya ruang tunggu rumah sakit, area tersebut tetalah sebuah tempat publik. Artinya, Anda tidak hanya mesti menjaga kenyamanan Anda, tetapi juga mesti menghormati keberadaan dan kenyamanan orang lain. Jadi, sama-sama membuat ruang tunggu rumah sakit menjadi nyaman bagi semua, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *