Hal-hal Penting dalam Mendampingi Bayi Belajar Duduk

Menyaksikan bayi duduk sendiri merupakan satu pencapaian besar bagi setiap orangtua. Seorang dokter spesialis anak bernama Kurt Heyrment, M.D mengatakan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu bayi dalam fase ini. Kuncinya, simak hal-hal penting berikut ini.

Sebelum Bayi Duduk

Mencari tahu hal-hal yang bisa membantu bayi duduk sendiri adalah penting. Biasanya bayi mulai belajar duduk pada awal usia 4 bulan atau paling lambat saat berumur 9 bulan. Untuk melewati fase ini, bayi harus sudah bisa menegakkan lehernya, mempunyai keseimbangan, dan otot yang cukup kuat.

Bersiap untuk Duduk

Dalam fase ini, tummy time menjadi hal yang penting. Tummy time atau posisi bayi yang bermain sambil tengkurap membantu menguatkan leher, perut, dan otot punggung bayi. Untuk membantu meningkatkan kekuatan otot lehernya, pindahkan posisi bayi dari terlentang di box menjadi tengkurap di lantai.

Tidak Nyaman Tengkurap

Awalnya, seringkali bayi tidak nyaman dengan posisi tummy time atau tengkurap. Namun, pastikan bayi Anda melakukannya, sebab posisi ini akan membantu menguatkan ototnya ketika duduk. Cobalah untuk menaruh bayi di dada Anda dengan posisi tengkurap. Posisikan agar wajahnya menghadap Anda.

Gunakan Kursi Bayi

Setelah bayi bisa menegakkan kepalanya sendiri, cobalah mendudukkannya di kursi bayi. Anda bisa menggunakan  bantal untuk membantunya duduk dengan benar dan pastikan Anda mengawasinya. Menurut Kurt Heyrment, M.D bayi usia 6 bulan seharusnya bisa duduk sendiri selama 1-2 detik. Bersabarlah dan bantu bayi untuk banyak berlatih.

Latih Keseimbangannya

Berlatih keseimbangan sangat penting agar bayi duduk dengan baik. Untuk membantu melatih keseimbangan, cobalah mendudukkannya di kursi atau sofa. Anda juga bisa duduk dengan kaki menyilang lalu dudukkan bayi di antara betis dan hamstring Anda.

Tripod Sit

Ketika belajar duduk, bayi biasanya menggunakan lengan untuk menahan tubuhnya. Inilah posisi tripod sit. Namun, saat ada sesuatu yang menarik di sekitarnya, tak jarang bayi akan kehilangan keseimbangan. Oleh karenanya penting untuk mengawasi dan meletakkan bayi di tempat yang empuk.

Produk-produk yang Membantu

Agar bayi duduk dengan baik, butuh leher dan otot punggung yang kuat. Gunakan bantal yang lembut atau kursi bayi untuk berlatih duduk.  Itu semua akan membantu melatih otot bayi agar bertumbuh lebih kuat.

Motivasi Bayi agar Duduk

Dokter  mengatakan cara yang jitu agar bayi mau duduk adalah dengan membujuknya. Bayi paling tertarik dengan bayangannya sendiri di cermin. Letakkan bayi di depan cermin dengan posisi tengkurap. Melihat dirinya sendiri di cermin yang lebih tinggi, akan membuatnya berusaha untuk duduk.

Lebih Waspada

Setelah bayi duduk sendiri, Anda harus lebih waspada dan memberikan perhatian ekstra. Bayi berusia 6 bulan sudah mempunyai lengan yang kuat, sehingga bisa meraih apapun di sekitarnya. Jangan letakkan benda-benda berbahaya di sekitar mereka.

Gunakan Car Seat

Meski sudah bisa duduk, jangan biarkan bayi duduk sendiri di mobil. Bayi Anda belum siap untuk menahan laju mobil. Gunakan car seat setiap mengajak bayi berkendara dengan mobil.

Merangkak Setelah bayi duduk dengan kuat dan benar, tahap selanjutnya adalah merangkak. Seiring pertumbuhannya, bayi akan mampu menggerakkan pinggulnya.  Tak lama, Anda akan melihatnya mulai merangkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *