Bagaimana Cara Menggunakan Nebulizer yang Benar?

Beberapa obat harus diubah dalam bentuk cair menjadi bentuk uap supaya mudah dihirup dan masuk ke dalam paru-paru. Umumnya, obat-obatan tersebut digunakan oleh para penderita asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan penyakit paru lainnya.

Untuk mengubah bentuk obat dari bentuk cair menjadi uap dibutuhkan alat yang disebut sebagai nebulizer. Berdasarkan cara kerjanya, terdapat dua jenis nebulizer yang sering ditemui yaitu nebulizer dengan kompresor udara dan ultrasonic nebulizer yang bekerja menggunakan getaran suara.

Nebulizer dewasa ini merupakan alat yang mudah dijumpai dan berukuran kecil sehingga dapat digunakan di mana saja, termasuk di rumah. Oleh karena itu, penting untuk mengetauhi cara menggunakan nebulizer secara mandiri sebagai pertolongan pertama penyakit yang telah disebutkan di atas.

SEPERTI INI CARA PENGGUNAAN NEBULIZER

Sebelum memulai menggunakan nebulizer, carilah tempat untuk melakukan nebulizer yang cukup terang dan nyaman. Siapkan meja yang kokoh untuk meletakkan alat nebulizer, kursi untuk duduk bersandar lurus, dan siapkan obat-obatan yang akan digunakan. Di bawah ini diuraikan langkah-langkah penggunaan nebulizer:

  1. Siapkan alat-alat nebulizer, letakkan di meja, dan sambungkan nebulizer ke colokan listrik.
  2. Cuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air kemudian keringkan.
  3. Ambil dan ukur dosis obat yang akan digunakan sesuai rekomendasi dokter. Obat yang telah diukur dimasukkan ke dalam cangkir nebulizer kemudian tutup cangkir nebulizer dan hubungkan dengan masker atau corong.
  4. Ambil selang dan hubungkan ujung selang ke kompresor aerosol dan cangkir nebulizer. Hidupkan mesin nebulizer.
  5. Setelah menyala dan terpasang dengan benar nebulizer akan mengeluarkan kabut tipis dari masker atau corong. Kabut tipis ini adalah obat cair yang telah diubah menjadi uap untuk dihirup.
  6. Cari posisi yang nyaman untuk menghirup uap. Jika menggunakan masker, pastikan masker terpasang dengan nyaman dan aman di wajah. Jika menggunakan corong, gigit corong dan tutup bibir di sekitarnya.
  7. Tarik napas dalam dan lambat, jika memungkinkan tahan napas selama 2-3 detik sebelum kembali bernapas supaya obat mengendap di saluran pernapasan.
  8. Lanjutkan hingga obat nebulizer hilang atau selama kurang lebih 10 menit.
  9. Bersihkan komponen nebulizer dengan membilas dengan air hangat setelah selesai dipakai. Biarkan kering secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *