Bantu Mengatasi Berbagai Penyakit, Ini 4 Manfaat Jambu Kristal

Karena bijinya sedikit, manfaat jambu kristal semakin banyak bagi kesehatan

Jika dilihat sepintas, jambu kristal terlihat sama dengan jenis jambu biji lainnya. Akan tetapi jenis jambu biji yang satu ini lebih unggul karena daging buahnya lebih tebal dan kandungan bijinya hanya 3%. Beberapa bahkan nyaris tidak berbiji sama sekali. Selain tebal, daging buahnya renyah dan mengandung banyak air. 

Barangkali hal itulah yang membuat jambu kristal memiliki harga yang lebih tinggi dibanding jenis jambu biji lainnya. Ternyata, tak hanya memiliki keunggulan secara ekonomi dan karakter daging buah, manfaat jambu kristal juga banyak sekali. Terutama untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Berbagai manfaat jambu kristal bagi kesehatan

Jambu kristal sangat kaya akan vitamin C. Jumlah kandungan vitamin C dalam jambu kristal bahkan dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Biasanya, jumlahnya akan optimal saat jambu kristal menjelang matang. 

Vitamin C yang terdapat di dalam jambu kristal terkonsentrasi pada kulit serta daging bagian luarnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi jambu kristal beserta kulitnya, jangan dikupas terlebih dahulu. 

Selain vitamin C, jambu kristal juga memiliki kandungan kalium dan vitamin A yang tinggi. Serat yang terkandung di dalam jambu kristal juga cukup tinggi. 

Karena berbagai nutrien yang terkandung di dalamnya, wajar saja bila jambu kristal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

1. Menangkal radikal bebas

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan vitamin C sangat tinggi di dalam jambu kristal. Maka, salah satu manfaat jambu kristal bagi kesehatan adalah mampu menangkal radikal bebas. Sebab vitamin C merupakan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. 

Seperti diketahui, radikal bebas dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Mulai dari munculnya tanda-tanda penuaan dini, hingga risiko terjadinya penyakit kanker.

Selain sebagai antioksidan, vitamin C juga dapat mempercepat pemulihan sariawan. Sehingga Anda yang menderita sariawan disarankan untuk mengonsumsi jambu kristal sebagai salah satu sumber vitamin C. Dengan adanya asupan vitamin C, sistem kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan juga akan meningkat. 

2. Menyehatkan pencernaan

Pektin merupakan jenis serat larut air yang banyak ditemukan di dalam jambu kristal. Dengan mengonsumsi jambu kristal, artinya Anda menambah asupans serat ke dalam tubuh. 

Pasti Anda sudah sering mendengar tips, konsumsi makanan kaya serat akan menyehatkan pencernaan. Serat akan meningkatkan massa feses sehingga membuat Anda terhindar dari konstipasi. 

Serat juga akan memperlambat proses pengosongan lambung. Efeknya, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Jadi, jika Anda sedang dalam upaya menurunkan berat badan, jambu kristal dapat menjadi salah satu makanan pilihan untuk Anda konsumsi. 

3. Menjaga kesehatan mata

Sudah bukan rahasia, vitamin A memiliki peranan dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak retina dan lensa mata. Berbagai gangguan yang umum terjadi pada mata kebanyakan karena gangguan pada retina, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau silindris. 

Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, seperti jambu kristal dipercaya dapat mencegah seseorang terkena berbagai gangguan kesehatan pada mata. Akan tetapi manfaat jambu kristal yang satu ini masih perlu dibuktikan melalui penelitian, maka sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter dan menjadikan jambu kristal sebagai makanan pendamping. 

4. Membantu mengatasi flu

Manfaat jambu kristal yang lain adalah membantu mengatasi flu. Hal ini masih karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalam jambu kristal. Asupan vitamin C yang tinggi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga dapat melawan virus influenza penyebab flu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *