Apa Saja Syarat Membuat Akta Kelahiran?

Akta kelahiran merupakan salah satu dokumen esensial dan wajib dibuat segera setelah si kecil dilahirkan. Disebut dokumen esensial karena akta kelahiran merupakan bukti sah terkait status dan peristiwa kelahiran si kecil yang diterbitkan oleh Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Dengan diterbitkannya akta kelahiran maka si kecil dapat masuk ke dalam kartu keluarga (KK) dan mendapatkan nomor induk kependudukan (NIK) yang akan digunakan untuk mengakses layanan kemasyarakatan lainnya. Selain itu, ke depannya akta kelahiran akan dibutuhkan pada saat pendaftaran sekolah anak, mengurus beasiswa, hingga melamar pekerjaan.

SYARAT MEMBUAT AKTA KELAHIRAN

Sebelum menyiapkan syarat-syarat akta kelahiran, perlu diketauhi bahwa akta kelahiran dapat dibuat di berbagai tempat seperti fasilitas kesehatan (Puskesmas atau rumah sakit), kantor kelurahan, dan Disdukcapil. Proses penerbitan akta kelahiran memerlukan waktu kurang lebih lima hari sejak syarat-syarat lengkap diterima dan tidak membutuhkan biaya apapun. Namun, tidak ada salahnya Anda tetap berjaga-jaga membawa uang untuk membayar biaya pengganti materai untuk penandatanganan formulir-formulir tertentu.

Berikut adalah syarat-syarat membuat akta kelahiran:

  • Surat keterangan kelahiran dari bidan, dokter, atau rumah sakit yang membantu proses persalinan. Bila proses persalinan tidak terjadi di fasilitas kesehatan, seperti di atas pesawat atau kapal laut, maka surat keterangan kelahiran ini dapat dimintakan dari pilot atau nahkoda.
  • KTP asli dan fotokopi dari orang tua atau surat keterangan domisili sementara (SKDS) dan surat keterangan pelaporan tamu bagi yang akan membuat akta kelahiran di luar domisilinya.
  • Kartu keluarga (KK) asli dan fotokopi atau Surat Keterangan Susunan Keluarga Penduduk Non Permanen (SKSKPNP) bagi penduduk yang berada di luar domisilinya.
  • Surat nikah atau akta perkawinan orangtua baik yang asli dan fotokopi.
  • Paspor asli dan fotokopi bagi warga negara asing (WNA).
  • Surat keterangan dari pihak kepolisian bagi anak yang tidak diketauhi asal-usulnya.
  • Surat keterangan dari lembaga sosial bagi anak yang termasuk dalam kelompok penduduk rentan.

Bila Anda mengalami kesulitan terkait persyaratan di atas, Anda dapat berkonsultasi di tempat-tempat yang menerbitkan akta kelahiran seperti puskesmas, rumah sakit, kantor kelurahan, dan Disdukcapil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *