9 Langkah untuk Mencegah Keguguran

Masa kehamilan memang merupakan salah satu momen istimewa bagi seorang wanita. Untuk itulah perhatikanlah kondisi si buah hati untuk menghindarkan risiko keguguran. Berikut ini ulasan lengkap mengenai berbagai hal yang perlu dilakukan untuk mencegah keguguran.

1. Konseling Pra-Konsepsi

Dengan menjalani konseling pra-konsepsi, dokter kandungan bisa meninjau riwayat kesehatan Anda, menganalisis gaya hidup hingga mengambil sampel darah. Pengambilan sampel darah dilakukan antara lain untuk memeriksa faktor rhesus dan risiko terhadap cacar air.

Bila belum menerima vaksin terhadap penyakit menular, Anda bisa mendapatkannya dari dokter kandungan. Sebab vaksin terhadap penyakit menular tidak bisa diberikan langsung begitu Anda hamil.

2. Menjalani Diet Seimbang

Walau telah mengonsumsi vitamin prenatal, Anda tetap tak bisa menganggap ini sebagai suplemen ajaib. Sebaliknya, diet yang sehat dan seimbang merupakan langkah terbaik untuk memperoleh vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi dari makanan sangat bermanfaat untuk menjaga kesejahteraan calon bayi.

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah segar setiap hari bisa meminimalisir potensi keguguran.

3. Olahraga dalam Intensitas Sedang

Anda tetap perlu melanjutkan rutinitas olahraga setelah memasuki masa kehamilan. Meski begitu, hal ini tak perlu dilakukan secara maraton. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa berolahraga selama 7 jam atau lebih dapat meningkatkan resiko keguguran. Apalagi, melakukan sejumlah olahraga berat, yang akan menyebabkan cedera maupun jatuh.

4. Membatasi Asupan Kafeina

Beberapa dokter kandungan menyarankan agar wanita yang ingin hamil perlu membatasi asupan kafeina, tak lebih dari 200 mg/hari. Itu artinya Anda hanya boleh mengonsumsi minuman berkafein seperti teh ataupun kopi sebanyak 2 cangkir dalam sehari. Namun bila ingin berada di posisi yang aman, mintalah saran pada dokter kandungan.

5. Hindari Alkohol, Obat-Obatan dan Rokok

Obat-obatan, merokok hingga alkohol memang memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Jadi, demi menjaga kesehatan janin dan mencegah keguguran, Anda tentunya wajib menghindari hal-hal negatif tersebut.

6. Hindari Stres dan Cobalah untuk Tetap Rileks

Selain meningkatkan kondisi mood secara menyeluruh, tetap rileks juga menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Penelitian menyebutkan, calon ibu yang selalu bahagia, rileks dan terkendali akan menurunkan tingkat kegugurannya hingga 60 persen.

7. Jagalah Asupan Gula

Kadar gula darah yang tinggi memang bisa menyebabkan berbagai masalah fatal, salah satunya adalah malformasi janin. Untuk itu, bila ingin mengurangi resiko keguguran, Anda perlu menjaga kadar gula dalam darah.

8. Mengonsumsi Aspirin Dosis Rendah

Penelitian memang menyebutkan, konsumsi aspirin dalam dosis rendah tidak mencegah keguguran. Namun, aspirin sebenarnya cukup efektif untuk beberapa wanita yang tengah hamil. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dan menanyakannya pada dokter kandungan terlebih dahulu.

9. Berkonsultasi pada Dokter sebelum Mengkonsumsi Obat

Bila perlu meminum obat, pastikan Anda berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu demi menjamin kondisi bayi bisa tetap aman. Pasalnya, beberapa obat dapat menyebabkan malformasi janin hingga meningkatkan resiko keguguran. Itulah 9 hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keguguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *