8 Obat Pilek Alami yang Ampuh dan Patut Dicoba

8 Obat Pilek Alami yang Ampuh dan Patut Dicoba

Pilek memang kerap membuat Anda tidak nyaman. Terlebih lagi, jika hidung sudah tersumbat, Anda jadi kesulitan bernapas dengan baik. Namun, jangan khawatir, ada beberapa obat pilek alami yang dapat mengurangi gejala pilek dan flu Anda.

8 Obat pilek alami ampuh dan efektif

Selain ampuh dan efektif, beberapa pilihan obat pilek alami ini mudah Anda dapatkan, meliputi:

  • Seng.

Mineral seng dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menghambat reproduksi sel virus di selaput lendir sistem pernapasan bagian atas. Oleh sebab itu, suplemen seng dapat menjadi obat pilek alami yang ampuh untuk mengatasi gejala flu Anda. Namun, hindari menggunakan semprotan hidung yang mengandung seng, karena dapat merusak saraf penciuman yang sensitif dan menyebabkan hilangnya indra penciuman Anda.

  • Vitamin C.

Vitamin C banyak tersedia di dalam buah dan sayuran, seperti jeruk, paprika merah, dan brokoli. Vitamin C dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menetralisir radikal bebas (molekul organik yang menyebabkan penuaan dan kerusakan jaringan), sehingga sistem kekebalan tubuh dapat melakukan tugasnya dengan baik.

  • Madu.

Madu juga dapat dijadikan sebagai obat pilek alami. Madu terbuat dari serbuk sari bunga dan enzim dari air liur lebah. Kandungan antioksidan, antivirus, dan antibakteri pada madu dapat menguatkan imunitas tubuh, terutama saat cuaca dingin. Namun, perlu diingat, jangan memberikan madu untuk bayi dan anak kecil, sebab diduga terdapat spora botulisme dan sistem kekebalannya belum cukup kuat untuk menanganinya.

  • Sup ayam.

Ayam maupun sayuran dapat menghambat peradangan pada saluran bronkial yang menyebabkan batuk dan hidung tersumbat. Selain itu, sup ayam mengandung asam amino yang berfungsi seperti obat asetilsistein, yang digunakan untuk mengobati bronkitis dan penyakit paru-paru lainnya. Oleh sebab itu, tidak diragukan lagi manfaat sup ayam sebagai obat pilek alami dan mudah Anda dapatkan.

  • Teh jahe.

Jahe mengandung senyawa gingerol yang ampuh untuk menekan rasa sakit, peradangan, pertumbuhan bakteri, kuman, serta virus. Selain itu, teh adalah minuman yang tinggi senyawa antioksidannya. Oleh sebab itu, perpaduan teh dan jahe adalah salah satu cara yang tepat untuk meredakan gejala flu Anda. 

  • Makanan pedas.

Kabar baik bagi pecinta makanan pedas. Ternyata, makanan pedas dapat dijadikan sebagai obat pilek alami. Rempah-rempah, termasuk di dalamnya bawang putih, kunyit, cabai, dan jahe, ampuh mengurangi peradangan dan iritasi di hidung, tenggorokan, serta saluran pernapasan bagian atas. 

Senyawa capsaicin dalam cabai pedas efektif menghambat zat yang meningkatkan peradangan di tubuh dan meningkatkan sekresi kelenjar di hidung. Senyawa allicin dalam bawang putih ampuh memerangi virus dengan menghancurkan dinding sel virus sebelum memasuki tubuh. Adapun kunyit memiliki efek antiinflamasi dan antivirus.

  • Uap.

Menghirup uap dapat membuka saluran udara, sehingga Anda bisa bernapas lebih baik saat terserang flu. Anda juga dapat memasang humidifier di kamar tidur, sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

  • Minyak kayu putih.

Minyak kayu putih mengandung beberapa senyawa aktif, salah satunya adalah cineole yang efektif memerangi virus, bakteri, dan jamur. Menghirup aromaterapi minyak kayu putih dapat mengurangi infeksi dengan menonaktifkan partikel virus. Hanya saja, beberapa komponen daun tanaman ini dapat menyebabkan kerusakan organ, sehingga lebih baik tidak digunakan bagi Anda yang memiliki penyakit hati.
Inilah beberapa pilihan obat pilek alami yang dapat mengatasi gejala flu Anda. Kira-kira, Anda lebih menyukai yang mana, nih? Apapun itu pilihannya, jangan lupa disertai dengan banyak minum air putih, makan sehat, dan istirahat (bedrest), agar pilek Anda cepat sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *