7 Makanan Bebas Gluten yang Cocok untuk Diet

Diet bebas gluten atau gluten-free adalah pola makan yang khusus mengonsumsi makanan yang tidak mengandung protein gluten. Diet bebas gluten bertujuan untuk mengobati penyakit celiac dan bermanfaat untuk orang yang mengalami sensitivitas gluten non-celiac. Diet bebas gluten bukan berarti harus mengonsumsi makanan yang tidak enak. Berikut ini ada beberapa santapan yang bisa Anda beli atau masak sendiri di rumah!

Greek Yogurt Parfait

Jika suka yang segar, lembut, dan manis, Anda bisa membuat hidangan pencuci mulut ini sendiri. Beli greek yogurt, masukkan dalam setengah gelas, dan tambahkan ceri atau stroberi. Lalu, masukkan setengah cangkir sereal bebas gluten dan almond mentah. Hasilnya, parfait yang creamy, fruity, dan crunchy.

Setiap porsi mengandung 208 kalori, 3 gram lemak (sebagian besar berasal dari almond), dan 15 gram protein.

Sup Labu Kuning Bumbu Kari

Sup krim instan yang dijual di toko biasanya mengandung gluten. Anda bisa memasak sendiri sup bebas gluten yang enak di rumah, seperti sup labu kuning bumbu kari. Hanya butuh 35 menit dan Anda akan mendapatkan sajian penuh sayuran.

Setiap setengah cangkir mengandung 195 kalori. Terdiri dari 3 gram lemak, 6 gram protein, 12 gram serat, dan 171 mg kalsium. Anda bisa memasaknya akhir minggu, lalu menyimpannya di kulkas untuk disantap sepanjang pekan.

Nutrition Bar Bebas Gluten

Segala macam nutrition bar kini mudah didapatkan, termasuk yang bebas gluten. Pilihlah produk yang berlabel ‘bebas gluten’ dan berkalori di bawah 250. Idealnya, kudapan sehat hanya memiliki 150-250 kalori pada satu porsinya.

Keripik Bebas Gluten

Keripik bebas gluten bisa jadi pilihan, seperti keripik hummus. Setiap 30 keripik mengandung sekitar 130 kalori, dengan 5 gram lemak dan 2 gram protein.

Edamame

Edamame termasuk makanan bebas gluten yang tinggi kalori dan enak. Setengah cangkir edamame berisi sekitar 100 kalori dan 4 gram serat. Tambahkan bumbu jika Anda suka, seperti bubuk cabe, garam, dan merica. Menurut riset, makan makanan pedas membantu metabolisme Anda.

Popcorn Trail Mix

Snack trail mix (berbagai macam snack dicampur menjadi satu, misalnya kacang-kacangan, dan kismis) mudah didapat. Sayangnya, banyak yang diberi campuran biskuit.

Anda bisa membuat trail mix sendiri dengan snack bebas gluten, yakni popcorn. Campur lima macam walnut dengan dua gelas popcorn yang ditaburi garam, plus 1/8 cangkir ceri kering. Hasilnya adalah snack yang asin, gurih, dan manis dengan 200 kalori.

Ketela Panggang Manis dengan Mentega dan Madu Jika suka yang manis-manis, kenapa tidak coba ketela manis panggang? Makanan bebas gluten ini enak, sehat, dan mengenyangkan. Panggang sebentar dalam microwave bersama sesendok mentega dan sedikit madu. Setiap sajian mengandung sekitar 150 kalori, 4 gram serat, dan 2 gram protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *